Rilis Berita : Belajar Islam Nusantara, Mahasiswa Afghanistan Kunjungi PBNU


Untuk menambah pemahaman tentang Islam Nusantara, rombongan mahasiswa Universitas Wahid Hasyim Semarang asal Afghanistan mengadakan rangkaian kunjungan ke Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Jakarta pada 24-26 Februari 2016. Dalam kunjungan ini, rombongan didampingi Pejabat Duta Besar Afghanistan Amanullah Saleem dan dua orang dosen pendamping. Kepada Sekretaris Jenderal PBNU, Helmy Faishal Zaini, mereka mengucapkan terima kasih atas beasiswa yang selama ini diterima dari PBNU.

Helmy menerima dengan hangat kedatangan rombangan, bahkan bertanya kepada satu per satu mahasiswa tentang pengalaman mereka selama belajar di Indonesia, termasuk pengalaman mereka melihat Islam di negara ini. Selanjutnya Helmy menerangkan tentang peran PBNU yang ingin memperkuat persaudaraan sesama muslim di dunia dengan menebarkan Islam Nusantara. Islam yang menjunjung semangat <em>rahmatan lil ‘alamin</em>, ramah, moderat, toleran, menghormati perbedaan dan menghargai keluhuran kearifan lokal.

“Seandainya Candi Borobudur yang merupakan warisan peradaban Budha itu ada di Timur Tengah, mungkin sudah dihancurkan. Tetapi di Indonesia, meskipun mayoritas penduduknya beragama Islam, Borobudur dijaga dan dirawat. Bahkan Candi ini dipromosikan sebagai obyek wisata yang merupakan kebanggaan Indonesia.” jelas Helmy. Selanjutnya, ia berpesan supaya para mahasiswa bisa menjadi duta Islam Nusantara ke negaranya setelah kelak menyelesaikan perkuliahan.

Setelah pertemuan dengan Sekretaris Jenderal PBNU ini, rombongan juga berkunjung ke Perpustakaan PBNU, LAZISNU, kantor redaksi NU <em>online</em> dan ramah tamah dengan Pejabat Duta Besar Afghanistan, Amanullah Saleem. Rangkaian kunjungan ini sendiri dilaksanakan disela-sela persiapan untuk berpartisipasi dalam acara peluncuran <em>NU Care</em> atas undangan LAZISNU. (HN)



List Berita Fakultas