Sejarah


 Sejarah

Didalam Anggaran Dasar Nahdlatul Ulama Bab iV Pasal 6 ditetapkan bawah dalam upaya mencapai tujuan Nahdlatul Ulama salah satu usahanya adalah dibidang pendidikan,pengajaran dan kebudayaan. Untuk terwujudnya penyelenggaraan pendidikan dan pengajaran serta mengembangkan kebudayaan sesuai dengan ajaran Islam, sehingga mampu membina dan mengembangkan manusia muslim dan bertaqwa, berbudi luhur, berpengetahuan luas dan terampil, serta berguna bagi agama,bangsa dan negara , perlu dilakukan melaui penyelenggaraan pendidikan tinggi. Keputusan ini ternyata sudah diamantkan dalam setiap muktamar NU maupun konferensi-konferensi wilayah yang dituangkan dalam setiap program kerjanya.

Untuk merealisasikan amanat tersebut, pada tanggal 7 mei 1999 di Semarang didirikanlah Yayasan Pendidikan Tinggi Nahdlatul Ulama Jawa Tengah yang disahkan dengan Akte Notaris Tri Joko Subandrio ,SH nomor 13 Tahun 1999 tertanggal 7 Mei 1999.
Yayasan tersebut melakukan persiapan untuk berdirinya sebuah perguruan tinggi dan langkah awal disepakati pendirian Politeknik Nahdlatul Ulama yang selanjutnya dikembangkan menjadi universitas NU